TUGAS
Jawablah pertanyaan berikut serta jelaskanlah
1.
Jelaskan tentang pengertian
Organisasi sebagai Badan maupun sebagai Terstruktur!
2.
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan Rentang Kendali dan Jelaskan pula faktor faktor apa saja yang menentukan
tinggi redahnya Rentang Kendali!
3.
Jelaskan apa yang dimaksud
dengan struktur organisasi matriks dan apa saja keunggulan serta kelemahannya!
4.
Jelaskan pengertian
organisasi formal dan organisasi informal beserta karakteristiknya masing
masing!
5.
Jelaskan perbedaan antara
pengelolaan Organisasi secara Sentralisasi dengan Desentralisasi! Apa
keunggulan dan kelemahannya masing masing!
JAWABAN
1. Organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.
Dalam arti manajemen organisasi memiliki beberapa pengertian yakni dalam arti badan dan dalam arti bagan. Dalam arti badan organisasi memiliki arti sebagai kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan namun dalam arti bagan organisasi memiliki arti sebagai gambaran sekematis tentang hubungan kerjasama dari orang yang melakukan hubungan demi mencapai tujuan.
2. Rentang Kendali adalah
kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar
tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya.
Faktor –faktor
yang mempengaruhi Rentang Kendali
ð Faktor
yang Membatasi Rentang Kendali
-Sifat dan terperincinya rencana
-Latihan-latihan dalam perusahaan
-Posisi Manager dalam perusahaan
-Dinamis & Statisnya Organisasi
-Efektivitas Komunikasi
-Tipe pekerjaan yang dilakukan
-Kecakapan & Pengalaman Manager
-Span of Personality and Energy
-Dedikasi dan Partisipasi bawahan
-Sifat dan terperincinya rencana
-Latihan-latihan dalam perusahaan
-Posisi Manager dalam perusahaan
-Dinamis & Statisnya Organisasi
-Efektivitas Komunikasi
-Tipe pekerjaan yang dilakukan
-Kecakapan & Pengalaman Manager
-Span of Personality and Energy
-Dedikasi dan Partisipasi bawahan
ð Faktor
yang dapat menjadi pedoman
-faktor-faktor
yang berhubungan dengan situasi.
Contohnya : bawahan dapat bekerja tidak
tergantung satu dengan yang lain atau pekerja tidak membutuhkan tingkat
pengawasan yang tinggi
-faktor-faktor
yang berhubungan dengan bawahan.
Contohnya : bawahan lebih senang bekerja tanpa
pengawasan ketat
-faktor-faktor
yang berhubungan dengan atasan.
Contohnya : manajer lebih menyukai gaya
pengawasan yang lepas dari pada pengawasan yang terlalu ketat.
3. Struktur Matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.
Keunggulan Struktur Matriks :
* Sesuai untuk beban kerja yang fluktualif
* Tujuan proyek menjadi lebih jelas
* Memungkinkan untuk merespon pada beberapa sektor lingkungan secara serentak
* Banyak jalur untuk melakukan komunikasi
* Pekerjaan dapat dipahami secara lebih jelas
Kelemahan Struktur Matriks :
* Struktur sangat rumit
* Biaya relatif tinggi
* Memungkinkan timbulnya dualisme kepemimpinan
* Relatif sulit karena terdapat kepentingan ganda sehingga memerlukan koordinat kuat
4. Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang meningkatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.
Karakteristik Organisasi Formal :
- Terstruktur
- Kaku
- Terumuskan
- Tahan lama
Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.
Karakteristik Organisasi Informal :
- Lepas
- Fleksibel
- Tidak terumuskan
- Spontan
5. Sentralisasi adalah memutuskan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi.
Keunggulan Sentralisasi :
* Organisasi menjadi lebih ramping dan efisien
* Perencanaan dan pengembangan organisasi lebih terintegrasi
* Pengurangan redundancies aset dan fasilitas lain
* Perbaikan koordinat
* Pemusatan expertise
-organisasi mejadi lebih ramping dan
efisien
-perencanaan dan pengembangan
organisasi lebih terintegrasi
-peningkatan resource sharing dan
sinergi
-pengurangan redundancies aset dan
fasilitas lain
-perbaikan koordinasi
-pemusatan expertise
Kelemahan sentralisasi :
-kemungkinan penurunan kecepatan,
pengambilan keputusan dan kualitas keputusan
-demotivasi dan disinsentif bagi
pengembangan unit organisasi
-penurunan kecepatan untuk merespon
perubahan lingkungan
-peningkatan kompleksitas pengelolaan
-perspektif luas, tetapi kurang
mendalam
Desentaralisasi adalah pendelegasian
wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang
yang berada pada level bawah dalam suatu struktur oraganisasi
Keunggulan desntralisasi :
-jenjang manajemen lebih sedikit
-birokrasi berkurang
-lebih responsive terhadap perubahan
-lebih mendorong kreativitas
-motivasi karyawan lebih tinggi
-keterlibatan karyawan lebih besar
-kapabilitas organisasional meningkat
Kelemahaan desentaralisasi :
-manajer pada tingkat yang lebih
rendah dapat membuat keputusan yang tidak sejalan dengan strategi umum
perusahaan
-dapat terjadi kurangnya koordinasi
antar manajer
-manajer pada level yang lebih rendah
mungkin memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan perusahaan secara keseluruhan
-dalam organisasi terdesentralisasi
sedikit sulit untuk menyebarkan gagasan inovasi secara efektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar