Jumat, 07 November 2014

Pengantar Bisnis (6S)



TUGAS

Jawablah pertanyaan berikut serta jelaskanlah

1.    Jelaskan tentang pengertian Organisasi sebagai Badan maupun sebagai Terstruktur!
2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rentang Kendali dan Jelaskan pula faktor faktor apa saja yang menentukan tinggi redahnya Rentang Kendali!
3.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur organisasi matriks dan apa saja keunggulan serta kelemahannya!
4.    Jelaskan pengertian organisasi formal dan organisasi informal beserta karakteristiknya masing masing!
5.    Jelaskan perbedaan antara pengelolaan Organisasi secara Sentralisasi dengan Desentralisasi! Apa keunggulan dan kelemahannya masing masing!



JAWABAN


1. Organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mewujudkan suatu tujuan bersama.
Dalam arti manajemen organisasi memiliki beberapa pengertian yakni dalam arti badan dan dalam arti bagan. Dalam arti badan organisasi memiliki arti sebagai kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan namun dalam arti bagan organisasi memiliki arti sebagai gambaran sekematis tentang hubungan kerjasama dari orang yang melakukan hubungan demi mencapai tujuan. 


2. Rentang Kendali adalah kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya.

Faktor –faktor yang mempengaruhi Rentang Kendali
ð  Faktor yang Membatasi Rentang Kendali
-Sifat dan terperincinya rencana
-Latihan-latihan dalam perusahaan
-Posisi Manager dalam perusahaan
-Dinamis & Statisnya Organisasi
-Efektivitas Komunikasi
-Tipe pekerjaan yang dilakukan
-Kecakapan & Pengalaman Manager
-Span of Personality and Energy
-Dedikasi dan Partisipasi bawahan

ð  Faktor yang dapat menjadi pedoman
-faktor-faktor yang berhubungan dengan situasi. 
Contohnya : bawahan dapat bekerja tidak tergantung satu dengan yang lain atau pekerja tidak membutuhkan tingkat pengawasan yang tinggi
-faktor-faktor yang berhubungan dengan bawahan. 
Contohnya : bawahan lebih senang bekerja tanpa pengawasan ketat
-faktor-faktor yang berhubungan dengan atasan. 
Contohnya : manajer lebih menyukai gaya pengawasan yang lepas dari pada pengawasan yang terlalu ketat.
 


3. Struktur Matriks adalah sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.

 Keunggulan Struktur Matriks :
* Sesuai untuk beban kerja yang fluktualif
* Tujuan proyek menjadi lebih jelas
* Memungkinkan untuk merespon pada beberapa sektor lingkungan secara serentak
* Banyak jalur untuk melakukan komunikasi
* Pekerjaan dapat dipahami secara lebih jelas

Kelemahan Struktur Matriks :
* Struktur sangat rumit
* Biaya relatif tinggi
* Memungkinkan timbulnya dualisme kepemimpinan
* Relatif sulit karena terdapat kepentingan ganda sehingga memerlukan koordinat kuat

4. Organisasi Formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang meningkatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional.

Karakteristik Organisasi Formal :
- Terstruktur
- Kaku
- Terumuskan
- Tahan lama

Organisasi Informal adalah kumpulan dari dua atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

Karakteristik Organisasi Informal :
- Lepas
- Fleksibel
- Tidak terumuskan
- Spontan 

5. Sentralisasi adalah memutuskan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi.

Keunggulan Sentralisasi :
* Organisasi menjadi lebih ramping dan efisien
* Perencanaan dan pengembangan organisasi lebih terintegrasi
* Pengurangan redundancies aset dan fasilitas lain
* Perbaikan koordinat
* Pemusatan expertise
 



-organisasi mejadi lebih ramping dan efisien
-perencanaan dan pengembangan organisasi lebih terintegrasi
-peningkatan resource sharing dan sinergi
-pengurangan redundancies aset dan fasilitas lain
-perbaikan koordinasi
-pemusatan expertise

Kelemahan sentralisasi :
-kemungkinan penurunan kecepatan, pengambilan keputusan dan kualitas keputusan
-demotivasi dan disinsentif bagi pengembangan unit organisasi
-penurunan kecepatan untuk merespon perubahan lingkungan
-peningkatan kompleksitas pengelolaan
-perspektif luas, tetapi kurang mendalam

Desentaralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur oraganisasi

Keunggulan desntralisasi :
-jenjang manajemen lebih sedikit
-birokrasi berkurang
-lebih responsive terhadap perubahan
-lebih mendorong kreativitas
-motivasi karyawan lebih tinggi
-keterlibatan karyawan lebih besar
-kapabilitas organisasional meningkat

Kelemahaan desentaralisasi :
-manajer pada tingkat yang lebih rendah dapat membuat keputusan yang tidak sejalan dengan strategi umum perusahaan
-dapat terjadi kurangnya koordinasi antar manajer
-manajer pada level yang lebih rendah mungkin memiliki tujuan yang berbeda dari tujuan perusahaan secara keseluruhan
-dalam organisasi terdesentralisasi sedikit sulit untuk menyebarkan gagasan inovasi secara efektif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar